Rabu, 13 Mei 2009

SURAH AL INSYRAH

Surat Al Insyirah merupakan surat ke-94 dari Al Qur’an yang terdiri dari 8 ayat dan termasuk golongan dari surat Makiyah. Kata “Al Insyirah” barasal dari bahasa arab شََرَحََ yang artinya melapangkan. Surat Al Insyirah menjelaskan tentang nikmat-naikmat Allah swt.

Menurut Imam Jalaluddin As Suyuthi, surat Al Insyirah diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. ketika orang-orang musyrik menghina dan mengolok-olok kefakiran (kemiskinan) kaum muslimin. Hal tersebut dikarenakan pada waktu itu kondisi pengikut Nabi Muhammad saw dalam keadaan miskin dan menderita. Oleh karena itu Allah swt. menurunkan Surat Al Insyirah sebagai jawaban untuk menghibur Rasulullah saw. dan kaum muslimin, sekaligus sebagai solusi dalam mengatasi segala kesulitan yang mereka alami.

Rasulullah saw. bersabda: “Bergembiralah kalian, karena akan datang kemudahan bagi kalian. Satu kesusahan tidak akan mengalahkan dua kemudahan.” Maksud hadits tersebut adalah Allah swt. akan memberikan kemudahan bagi umat-Nya, jika kita dapat menghadapinya dengan sabar dan tawakal.

Artinya:
1. Bukankah kami Telah melapangkan untukmu dadamu?,
2. Dan kami Telah menghilangkan daripadamu bebanmu,
3. Yang memberatkan punggungmu
4. Dan kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu
5. Karena Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,
6. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.
7. Maka apabila kamu Telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan
sungguh-sungguh (urusan) yang lain
8. Dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.

0 komentar:

Template by - Abdul Munir - 2008